Pages

Banner 468 x 60px

 

Minggu, 27 Agustus 2017

PMT. Belajar Al Qur an secara mandiri-T.01

4 komentar


 Pelajaran : Susunan Jumlah isimiyah (Kalimat berita)
 Fungsinya: Menunjukkan makna yang tetap dan kekal.
   MISI Tutorial-1.
AM-B...& JM.B... bisa dilihat di Bloger Catatan Harian H.Kamat Kamal 10 April 2016.

Surat Al Fatihah :       Ayat pilihan                     Ruku'-ke-1.

Surat Al Baqarah :      Ayat pilihan                     Ruku'-ke-1.
                                   بسم الله الرحمن الرحيم   


 Hadits hadits sebagai  penghantar makalah :
 H. I.   Ibnu.Abbas r.a. berkata : (Tafsir Ibnu Katsir Juz. 1  QS.2 ayat.6)
           Tadinya Rasulullah saw.berhasrat sungguh sungguh  supaya semua orang mendapat hidayah
            dan mengikutinya,maka diberitahu oleh Allah swt ,bahwa manusia tak akanberiman,kecuali
        yang tercatat bahagia  dalam Lauh Mahfudh,demikian pula tak akan tersesat kecuali yang 
    tercatatsial dalam Lauh Mahfudh,… keterangan ini intinya  sama seperti dalam  surat
            Yunus ayat 96 &97. &
  H.II    Hadits Arbain no.4 imam  Nawawi . ( diriwayakan Bukhari dan Muslim) sbb:


       1. وهو صادق المصدوق (wa huwa shodiqul masduq)  
               Nabi Muhammad saw. berkata:

       2.  ان احدكم يجمع خلقه ( inna akhadukum yajma'u kholquhu) 
               Sesungguhnya kamu diciptakanya dan dikumpulkannya 

       3.  في بطني امه اربعين يوما نطفة (Fi bathnii umihi  arba'ina yauma nuthfah)
                didalam kandungan ibumu selama 40 hari berupa  nuthfah.

       4.  ثم يكنوعلقة مثل ذلك (tsuma yakunuu 'alaqah mitsla dzalika)
                 kemudian menjadi segumpal darah selama 40 hari juga,

       5.  ثم يكنومضغة مثل ذلك (tsuma yakunuu mudhghah mitsla dzalika)
                   kemudian menjadi segumpal daging selama 40 hari juga

       6. ثم يرسل اليه الملك فينفخ فيه الروح 
                                        ( tsuma yarsilu ilaihil malaku wayanfukhu  fiihi rukha)
                 kemudian Allah mengutus malaikat meniupkan kedalamnya Ruh.

       7. و يوء مر باربع كلمة بكتب (wa yu maru bi arba'i kalimatin bi kitabin)
                       dan memerintahkan menulis 4 ketetapan :

                    رزقه ( rizqihi ) rizqinya

             واجله  (wa ajlihi) ajalnya

                             وعمله (wa 'amalihi) 'amalnya

             وشقي اوسعيد (wasyaqiyun wa sya'idun) senang dan susahnya...dst


 H.III                Nabi bersabada  : 

                               اذا مات ابن ادم ان قطع عمله الا ثلثة

                        ١ صدقة زرية 
                                                             
                        ٢  اوعلم ينفعه
                                                                                           
                ٣ او ولد صلح يدع له

            Apabila anak cucu Adam telah meninggal dunia (mati) maka putuslah segala 'amalanya
            kecuali   3 perkara :
                                            1.Shodaqatin zariyatin.

                                            2. atau  "Ilmu yang bermanfa'at.

                                            3.atau  Do'a anak yang sholeh  

 H.IV.     Nabi Bersabda   :   (dari kitab jawahirul bukhari,bab: Fadhilah Masjid)

              Ada tujuh golongan yang mendapat perlindungan di yaumal qiyamah nanti diantaranya 
                                             1. Pemimpin yang adil.
    
                                             2. Orang laki laki yang selalu ingat kepada Masjid.
                                 
                                             3.Anak muda yang selalu dilingkungan ibadah

                                             4, dst.

 H.V.  Nabi Bersabda   :  
                                تركت فيكم امراني ان تصم تم بهما لن تضل ابدا


                                                         ١ كتب الله  ٢ و سنة رسل الله

     Aku tinggalkan kepadamu sekalian dua perkara,jika kamu sekalian berpegang kepad
           keduanya,tidak akan tersesat selamanya:

                                                                        1.Kitabullah (Al Qur an) 2.Sunatu rosulullah

       ISLAM = Ingin Selamat Lewat Ajaran Muhammad.Saw. (QS.3 ayat.18)

            
        Bagaimana caranya  :  
                  Mempelajari Al Qur an secara mandiri ?

      1. Menentukan akar kata.

        2. Menentukan susunan kalimat (jumlah isimiyah 
            atau jumlah Fi'iliyah)

      3. Menentukan maksud susunan kalimat.

     4. Planning,Do,Check,Action.(PDCA



                                   Cara :  Mengerti QS.1 ayat.1
         
                     Ilmu Nahwu  : File code.MISI 005/01C. (M2)

 Contoh :

  Akar kata            Jenis kata


    ب                    Huruf jer.  AM-B-370.

   اسم                     Kata benda (isim nakirah /abstrac) AM-B-106

     الله                   Kata benda (isim 'alam ma'rifat/konkrit) AM-B-72


  Susunan Kalimat    
  

  
بسم الله    Jumlah isimiyah ke-1 dengan memakai susunan idhofah.AM-B-383
         بسم     Sebagai  Mubtada / pengganti dari kehendak pembica    ( Mutakalim )
                        berupa lafad ,ditempatkan diawal jumlah isimiyah,  untuk disampaikan  
       
                         kepada pendengar  ( Mukhathab)    yang  mempunyai  irab rafa  
                         lihat.AM.B-113  
                   ب Merupakan huruf jer yang mepunyai arti ilshoq.(dengan) lihat.AM-B370 
                    بسم Terdiri dari kalimat hurf  (ب)+kalimat isim (اسم )  dibaca  ismi 
                         sebab isim sesudah huruf jer harus dibaca kasrah dengan tujuan agar bisa 

                        menjadi isim ma'rifat syarat menjadi mubtada harus sis ma'rifat. AM-125


                        Khabar adalah keterangan dari Mubtada; bisa berupa kalimat bisa juga berupa

                                  jumlah mempunyai Irab rafa (lihat AM B119.)


       الله     Sebagai Khabar ditinjau dari bahasa arab =اله (isim nakirah) + ال(Al Marifat) 
                       AM.B-53 Allahu dibaca illahi karena  sebagai mudhof ilaihi. AM B-383


                         Susunan Idhofah adalah gabungan dua kata benda (isim) dengan maksud 

                         mempunyai arti  dari/dalam/milik; sedangkan isim yang kedua i’rabny
        
                          harus  dibaca jer(kasra.lihat.AM.B-383.

 I’rab ialah bacaan harakat huruf akhir dari kata benda(isim) atau kata

 kerja(fi’il), disesuaikan dengan fungsinya.(rafa/nashab/jer/jazm) 

 lihat AM.B-15 


Table :1 Pemakaian tanda i'rab untuk isim.


Jenis
       Rafa

Nashab
Jer
Bait  no.


   1. Isim mufrad


  2.Isim tatsniyah



   3.Jama’ MKS.


 

  3.Jama’ MNS




    Jama’ Taksir.

    Dhomah


  
  Alif & Nun kasrah


  

 Wawu & Nun
 fatah                                    


 

  Dhomah& 
  Ta dhomah



  Dhomah







Fathah


   
      Ya &
       Nun kasrah




     Ya &
      Nun fathah





     kasrah & 
     Ta kasrah


  
   Fathah 









        Kasrah

  
  
      Ya &
      Nun kasrah



      Ya &
     Nun fathah





     kasrah&  
    Ta Kasrah



      Kasrah







B-25



   B-32/34/
       40



B-35/39




B-41




B-36/38



Untuk latihan ; Coba di QS2. ayat.221



.
Table : 2 Standard Irab dari Jumlah Isimiyah atau Jumlah Fi’iliyah.
Susunan  Kalimat
Rafa’ (U)
Nashab (A)
Majrur (I)
Jazm

Jumlah Isimiyah

   Subject +
   Predikat












Jumlah Fiiliyah

(Subject+
 Predikat +
 Object)



 Mubtada
.  Khabar

.
   Isim Kaana
   Khabar Inna
.


.Mamul tawabi’:
  Naat(sifat)
Taukid
Athaf
Badal

   
     Fail
    Naibul Fail.

    Fi’il mudhorik

    Hal
   Tamyis
Isim Laa nafi

     Isim Inna.
.Khabar Kaana
.Khabar dhana


 .Mamul tawabi:

  Naat(sifat) Taukid
Athaf
Badal

     
    

    .Isim Maful

    
        Fi’il madhi


  .  Huruf  Jer
   Idhofah







. Mamu tawabi’l:  

Naat(sifat
 Taukid
Athaf
adal




















Fi’l Amr

Catatan : Apabila menyimpang dari standard diatas pasti ada sebabnya.(harus dicari).


Maksud dari jumlah isimiyah ke-1 dengan memakai susunan idhofah 
tersebut ialah Allah (pembicara) ingin menyampaikan informasi 
(namanya) kepada  Nabi.Muhamad (pendengar),meliputi semua nama 
milik Allah yaitu Asma 'ul Husna.(JM.BAB.II/ P.8)


                                    (  الرحمن الرحيم) adalah Isim sifat/naat)

                      Mamul tawabi’ adalah gabungan dua kata benda(isim)  yang mempunyai arti

                               dari/dalam/milik;sedangkan isim yang kedua Irab nya harus dibaca mengikuti 

                       i’rab   kata benda(isim) yang pertama (Matbu’) yaitu kata benda yang diikuti 

                     .lihat AM.B-499  Apabila kata benda yang kedua berupa isim sifat,maka kata

                       benda yang pertama (yang diikuti) disebut Mausuf.

Catatan :
 AM     = Alfiyah Ibnu Maliki File code; MISI 005/1  B-499 = Bait no.499.


الله الرحمن    jumlah isimiiyah ke-2 (isim sifat)dengan susunan ma'mul 
                        tawabi'

االله الرحيم     jumlah isimiyah ke-3 (isim sifat)dengan susunan 
                        ma'mul tawabi'.

                        Dari Jumlah isimiyah ke1,ke-2 &ke-3  dijadikan satu ayat
                        dengan memak kaidah kaidah tertentu menjadilah :

بسم الله الحمن الرحيم


                        
  Ilmu Sharaf : File code.MISI005/01.(M2)


                      Akar kata benda yang dibuat dari kata kerja  adalah fi’il madhi tsulasi,

                      selanjutnya mengikuti  standard  dijadikan  bentuk masdar(isim nakirah)

                      contoh :
       
  Tasrifan fi’il (aturan kata kerja)


                      Cara menggunakan fi’il  harus memakai standard yang disebut  
                      Wazan (perbandingan/timbangan)
                      Fi’il tsulatsi (3 huruf) :  Fa’ala    gRY (telah membuat)

                      Table : 3.      Tasrifan fi'il tsulatsi (3)   jumlanya 9……hafalkan!!!
 
No.        Nama                               Bacaan        =       Arti  harfiyah                
1.        Fi’il madhi          فَعَلَ           Fa'ala      =    Telah membuat.
2.        Fi’il Mudharik    يَفْعَلُ         Yaf'alu      =    Akan/sedang membuat.
3.        Isim Masdar        فَعْلً          Fa'lan       =    Perbuatan
4.        Isim Fa’il            فاَغِلٌ          Faa'ilun    =    Pembuat
5.        Isim Maf’ul       مَفْعُلٌ          Maf'ulun  =    Yang dibuat
6.        Fi’il Amr             اِفْعِلْ          If'il           =     Buatlah
7.        Fi’il nahi           لَاتَفْعِلْ          Laataf'il   =     Jangan membuat
8.        Isim Makani     مَفْعِلٌ          Maf'ilun   =    Tempat membuat
9.        Isim Alat.           مِفْعَلٌ          Mif'alun   =     Alat membuat


            Table : 3.a      Tasrifan fi'il  Ruba'i (4)    jumlanya 9 X3  tdk usah dihafal


No.  Nama              Arab         Bentuk-1      Arab         Bentuk-2            Bentuk 3                
1. Fi'il madhi          افَعَلَ          Afa'ala        فَعَّلَ           fa''ala                 Faa'ala       
2. Fi'il Mudhorik   يُفْعِلُ         Yuf'ilu          يُفَعِّلُ        yufa''ilu              yufaa'ilun      
3. Isim Masdar       اِفْعَا لاً       If'alan         تَفْعِيلاً       taf'iilaan            fi'aalaan         
                                 تَفْعِلَةً        taf'ilatan                      Mufaalatan    
4. Isim Fa'il             مُفْعِلٌ        Muf'ilun     مُفَعِّلٌ     Mufa''ilun         Mufaa'ilun      
5. Isim Maf'ul        مُفْعَلٌ        Muf'alun     مُفَعَّلٌ     Mufa''alun        Mufaa'alun     
6. Fi'il Amr           اَفْعِلْ         Af'il                 فَعِّلْ     Fa''il                  Faa'il               
7. Fi'il nafi              لَا تَفْعِلْ      Laataf'il      لَا تَفَعِّلْ    laatafa''il          laatafaa'il        
8. Isim Zamani      مُفْعَلٌ         Muf'alun      مُفَعَّلٌ    Mufa''alun        Mufaa'alun      
9. Isim Makani       مُفْعَلٌ        Muf'alun     مُفَعَّلٌ      Mufa''alun       Mufaa'alun  

Arti harfiyah (table.3)              + kan                                 + kan              2X + kan

Catatan :
    1.Untuk bentuk 1&2 arti harfiyahnya sama dengan table no.3 ditambah akhiran kan.

    2.Untuk bentuk 3 arti harfiyahnya sama dengan table no.3 tetapi akar katanya dibaca 
        2X (dua kali) selanjutnya ditambah akhiran kan. 
        contoh : 
       Table 3 :   no.1 telah membuat       Table.3a. no.1. telah    buat membuatkan

    3. Bentuk 3.  Lafad arabnya tidak ditulis (tulis sendiri) mengikuti bacaan latin untuk
         latihan.


                     Table : 3.b  Tasrifan fi'il  chumasi (5)    jumlanya 7 X5  tdk usah dihafal
                              

No. Bentuk 1     Bentuk 2        Bentuk 3          Bentuk 4              Bentuk 5   

1.   Infa'ala        Ifta'ala            tafa''ala            tafaa'ala             If 'alla        

2.   yanfa'ilu      yafta'ilu          yatafa''alu         yatafaalu           yaf 'allu
   
3.   infi'aalaan   Ifti'aalaan      tafa'ulann          tafaa'ulaan        if'ilaalaan

4.  Munfa'ilun   Mufta'ilun     Mutafa''ilun     Mutafaa'ilun      Muf'allun

5.  Munfa'alun  Mufta'alun     Mutafa''alun    Mutafaa'alun     Muf'allun

6.  Infa'il             Ifta'il              Tafa''al              Tafaa'al              If'alla

7. Munfa'alun   Mufta'alun      Mutafa''alun     Mutafaa'alun    Muf'allun

   Terperbuat     Terperbuat     Terperbuat     Pura-2 membuat    Masuk membuat



                  Table : 3.c  Tasrifan fi'il  chumasi (6)    jumlanya 7 X4  tdk usah dihafal
                              

No. Bentuk 1          Bentuk 2            Bentuk 3              Bentuk 4               

1.   Istaf'ala             Ifau 'ala            If'awwala             If 'aalla                    

2.   yastaf'ilu           yaf'au'ilu           yaf'awwilu          yaf 'aallu          
   
3.   Istif'aalaan       If'ii'aalaan         If'iwwaalaan      If'iilaalaan   

4.  Mustaf'ilun       Muf'au'ilun        Muf'awwilun     Muf'aalun      

5.  Mustaf'alun      Muf 'au'alun      Muf 'awwalun    Muf'allun    

6.  Istaf'il                If'au 'il                If'awwil               If'aal             

7. Mustaf'alun       Muf'au'alun        Muf'awwalun     Muf'allun  

   Minta membuat   M.Membuat                                   Sangat Membuat






       Cara : Memahami QS.1 ayat.1.   
 Ilmu Maani  : File code.MISI 005/01C. (M3)

   بسم الله adalah susunan idhofah dengan mudhofnya bismi dan mudhof ilaihi nya
                          illahi 
                  

                       Menggunakan susunan  idhofah dengan tujuan mencakup seluruh nam

                       dari Allah(asmaul husna),memuliakan Mudhof (bismi) kalau dalam nahwu 

                       disebut mubtada  dan mudhof ilaihi (Allah) kalau dalam nahwu disebut

                        khabar..lihat.JM.B-2.P8/1.
                ......وَباِ اِضَافَةٍ لِحَصْرٍ   = 
                        dan dengan idhofah  untuk mencakup semua nama Allah.

                       Catatan : JM   = Kitab Jauhar Maknun File : MISI 006/01
                                     B-2= BAB -2    P8/1= Pasal 8/1

                          Isnad khabari :
                        ialah susunan kalimat yang menghukumi dengan  salab(nafi) atau itsbat(ijab).
                      JM.B1/P1. 
                          Isnad khabari :QS.1 ayat 1-7  (surat Al Fatihah
                           mengandung iltifat (memindahkan ibarat) yang mempunyai faedah khusus:
 1.Pertama menjelaskan keagungan Musnad yaitu Allah swt,yang mempunyai 
    nama nama  yang baik.
 2.Menjelaskan kemuliaan dari nama nama tersebut diantaranya ialah Allah
        (Dzat Allah Arrahman,Arrahiim(sifat Allah swt).
 3 Allah mengharapkan  Nabi.Muhammad & umatnya  mengerti dan memahami
     nama nama tersebut untuk diyakininya, seperti disebutkan didalam 
    tafsir  Ibu katsir Juz-1  hal.41 sbb 
                          Dari Abdurrahman bin Auf r.a. Rasulullah Saw.bersabda :
                          Cara membaca :
قال الله تعلئ = qaala allahu ta'ala (Jmlh.Fi'iliyah)
انا الرحمن = anaa arrahmanu (Jumlah Isimiyah)
حلقت الرحم = khalaqtu rrahimi (Jumlah fi'iliyah)
وسققت لها اسماء من اسمي =wa saqaqtu laha ismaa minal ismii (jumlah fi'iliyah)
فمن فصلها فصلته =fa man fasholahaa,fasholtuhu (jumlah fi'iliyah)
 فمن قطعها قطعته     =fa man qatho'ahaa qatho'tuhuu
Cara mengartikannya.
Allah berfirman Aku bernama Ar Rahman
 Aku yang menjadikaRahim.
Aku pecahkan dia dari namaku.
maka siapa yang menghubungi Rahim  Aku hubungi
dan siapa yang memutuskan Rahim Aku putuskan.
(AT Tirmidi)(Tafsir.Ibnu Katsir Juz 1 hal 41.)
Hadist ini dengan  maksud bahwa :
 Allah mempunyai  nama  : Arrahman&Arrahim
                 (maha pengasih&maha penyayang) merupakan sifat yang sangat

                  diperlukan oleh manusia untuk bisa melaksanakan amanahnya
        
                  dimuka bumi ini.

                  Untuk keperluan informasi  tersebut   maka dibuatlah susunan
                 
                  kalimaMa’mul tawabi yang terdiri dari isim sifat. الله Allahu

                  sebagai mausuf(yang disifati) dan Arrahmanirrahimi sebagai 

                  mausuf ilaihi (yang mensifati)  dan dibaca mengikuti bacaamausufnya.

                 Dengan demikian No.3 & No.4  bacaan kharakat huruf akhir (I’rab)

                  mengikuti bacaan No.2

                   (    الرحيم)  &. (  الرحمن   )

 Kehidupan manusia adalah merupakan rrahman dari Allah swt,  dan manusia harus mencari ARRAHIM agar Allah menyayangi kepada manusia, itulah derajat orangyang Mutaqin dan beruntung . Maka dari itu manusia harus berbuat baik kepada Allah  Swt. dan ciptaannya
Menurut imam Qurtubi   :  Rahmat = Rahman + Rahim (ibn.katsir juz.1 hal.41
Arahman ialah ni’mat yang diberikan oleh Allah SWT  kepada semua hambanya.
Arahiim ialah ni’mat yang diberikan oleh Allah SWT hanya kepada hambanya     yang mukmin,berupa petunjuk yaitu Al Qur an bagi umatNabi Muhammad saw  
lihat (QS.2 ayat 2)

    Dari keterangan tersebut  diatas dapat diambil hikmahnya sbb :
1.       Apabila seseorang  ingin mendapat petunjuk Allah SWT,maka harus belajar 
       Al Qur an.
2.       Pertama yang dipelajari adalah surat Al Fatihah,lalu diamalkan dengan sungguh    sungguh.
               3.     Hasilnya serahkan kepada Allah SWT. lihat ( Tafsir ibn.katsir Q2/ayat 6) sbb:
                       Lauh Mahfudh ialah tempat kitab catatan ketentuan hidup tiap tiap manusia
                       dari awal  sampai akhir yang  berada di ’alam malakut.(kalau dalam istilah
                       computer yaitu software) sedangkan hardware nya ialah 'alam seisinya
                       termasuk mnusia.

Dengan demikian Surat Al Fatihah ayat 1  diterjemahkan oleh Dpag.RI. sbb:

                                 بسم الله الرحمن الرحيم
  01. Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

Setela mengerti   cara membaca dan cara menyusun kalimatnya maka kita 
mempelajari bagaimana cara memahaminya.


Surat Al Fatihah dibuka dengan Bismillah yang mengesankan kasih sayang, kesejukan dan kedamaian bagi pembaca.Dalam ilmu balaghah(gaya bahasa)hal ini disebut Baraatul istihlal atau pembuka yang indah.(Tafsir Al Ahka Surat Al Fatihah)


Atsar sahabat  Nabi Ibnu Masud r.a. berkata :
Siapa yang berkehendak untuk diselamatkan oleh Allah dari Zabaniyah (malaikat polisi neraka) yang jumlahnya 19 (Sembilan belas) maka bacalah Bismillahirrahmanirrahim, nantinya untuk orang tersebut,setiap huruf yang dibacanya  akan menjadi pelindung (junnah) dari siksaan neraka.(Al Jami Marwan ibnu Marghani. Pondok Kebarongan Jateng) hal.6.

Hadist  dari Abi Said bin Al Muala r.a. berkata :
Ketika aku shalat ,tiba tiba dipanggil oleh Nabi saw,maka aku tidak menyambutnya hingga selesai shalat,lalu aku datang kepadanya Nabi bertanya :
Apakah yang menahan anda untuk menyahut panggilanku? Jawabku :Aku sedang sholat. Nabi bersabda : Tidakkah Allah berfirman :
Hai orang yang beriman,sambutlah panggilan Allah dan Rasulullah,bila memanggil kalian untuk menghidupkan kalian.
Kemudian Nabi bersabda : Aku akan mengajarkan kepadamu,surat yang terbesar 
dalaAl Qur an,sebelum keluar dari masjid ini….
Alhamdulillahirabbil alamiin,itulah Assabul matsani,dan Al Qur an yang terbesar telah diturunkan kepadaku.(HR.Ahmad,Bukhari,Abu Dawud,Nasaa’i dan ibnu Majah)



1. بسم الله Surat Al Fatihah ayat 1 mencakup sumber segala ilmu dan amalan.
Berdasarkan dalil : 
a.  Nabi bersabda : 
     ( Kulun amrin dzibalin laa yubda a bismillahi wahuwa aqtha’)
      Setiap pekerjaan yang penting ,kalau tidak dimulai dengan  bismillah,
      maka  pekerjaaan tersebut  tertolak.(Hadits diriwayatkan oleh 
      Abu Daud dari  Abu Hurairah.)
                     b.  Hadits qudsi :( Kitab Asrar al insan halaman 45 oleh Syeh Nurudi
                            rainiri  aceh)
     كنت كنز محفيا فءجبت ان عرف فخلقت الخلق فيه عرفوني
      Aku(Allah) adalah perbendaharaan terpendam.
      Aku ingin supaya dikenal  ,maka aku jadikan alam ini 
       sehingga dengan itu mereka mengenalku.


   c.  Surat Al Baqarah ayat.30


                     030. Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: "Sesungguhnya 
                               Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi". Mereka berkata: 
                               "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang
                               akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami
                              senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?"
                              Tuhan berfirman:
                             "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui".

 2.الله Memurnikan Tauhid kepada Allah swt. (QS.112/QS.7/172/QS.2/255
             Berdasarkan dalil :Asbabul nuzulnya(sebab ayat ini diturunkan) 
              Surat Al Ikhlas  QS.112 sbb: Orang orang musrik telah berkata kepad
              Nabi.Muhammad.saw.
Ceritakanlah kepada kami mengenai Rabbmu” 
 Maka Allah menurunkan ayat :






                     01.Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa,  
                      02. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu.   
                     03. Dia tiada beranak dan tiada pula diperanakkan,     
                      04. dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia".

                      Al A’raf QS.7/172   

                       الست بربكم قال بل شهدنا

                     Bukankah  Aku Tuhanmu ?
                                Mereka menjawab :Benar kami bersaksi

  Ayat Kursi  QS.2/255  
255. Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa`at di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi.
Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.
                           (الله ) adalah nama dari dzat Allah SWT,disebut Ismul a’dzim sebab menghimpun
                            semua   sifat Allah.QS.59/22,23,24, & QS.7/180.



                             Cara : Mengamalkan QS.1 ayat.1.    
                     Ilmu Fiqih  : File code.MISI 005/01C. (M5)

Dengan demikian untuk tingkat dasar  penjelasan surat Al Fatihah ayat-1

metod5M (M1,M2.M3) sudah selesai,sedangkan untuk menghafal(M4) 

rata ratasemua orang islam sudah hafal,sehingga tidak perlu dibahas .

Selanjutnya kami akan membahas pengamalan (M5) surat Al Fatihah

berdasarkan hukum Islam.

Berdasarkan kitab tafsir para ulama sebagai standard perpustakaan 

mushala AT TAUBAH  kami akan menjelaskan Hukum dalam pemakaian

surat  Al Fatihah , jika dipandang melalui kacamata hukum (peraturan),

maka bisdiuraikan  sbb

Pandangan secara hukum   Islam mengenai pemakaian  Bismillahirahmanirahim

didalam tafsi Ibnu Katsir (Ulama besar Makah  periode thn 1300 m ) meninggal 

thn 774H/ Thn 1354 M.

Mengenai bacaan Al Fatihah dalam sholat  disebutkan didalam 

 ( Tafsir ibnu Katsir Juz 1 /hal 30-31) sbb:

1.Pendapat Imam Safii,Imam Maliki,Imam A.Hambali, Ulm. Jumhur :

Wajib membaca Al Fatihah dengan dalil :Hadits riwayat Bhukhari&Muslim dari Ubaidah bin  Shamid./Hadits Ibnu Hibban  dari Abu Hurairah.
a.  Imam SyafiI berpendapat : Wajib membaca Al Fatihah pada tiap rakaat.
b.  Imam Al Hasan dan Ulama Basrah berpendapat : 
     wajib hanya padasatu rakaat.

2.Pendapat Imam Hanafi Cs :
Tidak harus  membaca Al Fatihah ,bahkan boleh membaca ayat yang lain dengan dalil :

Al Qur an surat Al Muzzammil ayat. 20  dan Hadits Bukhari/ Muslim mengenai orang yang  salah shalatnya ,lalu nabi menegur :
Jika anda berdiri untuk shalat maka takbirlah kemudian bacalah seringannyadari ayat  Al Qur’an.

Apakah wajib atas mamum  membaca AlFatihah? 

Ada 3 macam pendapat :

      Wajib atas ma’mum membaca Al Fatihah.             (Madhab imam Safii).

2.Tidak wajib ma’mum membaca A l Fatihah (Madhab imam 
   A.Hambali).dengan dalil  hadits diriwayatkan  oleh imam   
    Ahmad  dari  Jabir ra. nabi bersabda

      Siapa yang mempunyai imam maka bacaan  imam itu juga
      sebagai  bacaannya.(sanadnya lemah)

3.Ma’mum wajib membaca Al Fatihah pada bagian rakaat  yang  sir(pelan) sedangkan pada waktu imam membaca pada bagian rakaat yang jahar (keras) tidak usah membaca 
    Al Fatihah.
Berdasarkan hadits dari Abu Musa Al Asyari r.a. Nabi bersabda : Sesungguhnya diadakan imam untuk diikuti,maka jika takbir takbirlah kalian,dan jika ia membaca dengarkanlah dengan perhatian.(Hadits riwayat imam Muslim).

    Keterangan tersebut diambil dari Tafsir Juz-1 Ibnu Katsir.Ulama Makah 
    periode  1300 m.

Kami hanya menyampaikan..keputusan pada anda sekalian.!!!







                                 الحمد لله الرب العلمين 


     Mengerti QS.1 ayat.2
         
                     Ilmu Nahwu  : File code.MISI 005/01C. (M2)
 Contoh :

  Akar kata            Jenis kata


     ال                    Huruf  Al ma'rifat

     حمد                 Kata  kerja 3 ( Fi'il tsulasi )
           
       ل                  Huruf jer
     الله                  Kata benda (isim 'alam ma'rifat/konkrit) 

Susunan Kalimat :


  

  الحمد الله       Jumlah isimiyah ke-1  susunan Mubtada lahu khabar.


               الحمد    Isim Sifat sebagai  Mubtada pengganti dari kehendak   pembicara
                                                        ( Mutakalim ) berupa lafad ,ditempatkan diawal jumlah isimiyah, 

                                                    untuk disampaikan  kepada pendengar  ( Mukhathab)    yang 
                                            mempunyai  irab rafa   lihat.AM.B-113  

M3 Ilmu Balaghah : File code.MISI 005/01.

Akhlak  seorang hamba tergantung kepada seberapa jauh pemahamannya terhadap kalimat Allah   Surat   1.Ayat.1.     (Bismillahirrahmanirrahim) berdasarka sabd :Nabi.SAW.:
كل امرذبل لايبدء بسم لله وهو اقطع
(kulun amrin dzibalin laa yubda a bismillahi wa huwa aqtha')


Setiap pekerjaan yang penting,kalau tidak dimulai dengan bism illahi,maka pekerjaan tersebut tertolak.(H.R.Abu Daud dar Abu Hurairah).
Apabila seorang  yang sudah menyadari bahwa dirinya adalah hamba Allah,dan memahami apa yang  terkandung  dalam QS.1.ayat.1.maka secara automatis orang tersebut  setiap saaat bersyukur kepada Allah SWT,seperti apa yang telah dilakukan  oleh para nabi nabi.
Dan sebaliknya orang yang bersyukur dan tidak menyadari hal tersebut diatas, dapat dipastikan bersyukurnya belum mencapai tingkatan yang sempurna.(100%) Maka dari itu manusia diwajibkan untuk belajar Al Qur' an,sebagai petunjuk jalan yang benar menurut Allah SWT,agar bisa mencapai syukur yang sempurna.
Dalam prakteknya orang  bersyukur  biasanya  mengucapkan  Alham dulillah, apakah dia mengerti artinya atau tidak mengerti artinya, itu urusan belakang. Mengapa ?
Karena       orang       tersebut        'amalanya       berdasarkan       kebiasaa
atau mencontoh gurunya (orang    sebelumnya)    bukan    berdasarka
 kesadaran    hati nuraninya,yang belajar dari Al Qur'an / belajar dari 
 Al Qur'an tetapi belum sempurna (100%).
Maka  dari  itu  kita  perlu  tadabur  (introspeksi  diri)  sampai  tingkat  
berapakah kemampuan  kita mengerti dan memahami Al Qur'an dan jangan
berhenti sampai mati……….. 
Pertanyaanya apakah pengertian Alhamdulillah?


Al    Hamd menuru penjelasa imam   Akhdlor dalam   muqadimah 
kitab Jauhar Maknun sebagai berikut:


1.Ham du : Menurut logat ialah memuji atas kebaikan seseorang.
Menurut istilah ialah
فعل ينبع عن تعضم المنعم بسبب عن عمه
(filun yanbiuan tadhimi almun’imi bisababi an’amihi.)



artinya:  Pekerjaan yang timbul untuk mengagungkan pemberi nimat disebabkan atas pemberiannya .



              2.Syukur . Menurut logat ialah sama dengan arti ham du
.
Menurut istilah ialah :

صرف العبد جمعا ما ان عميله عليه الا ما حلق ل اجله
(sharfulabdi jamiia maa an’ama allahualaihi ilaa maa khuliqal 
li ajlihii.)

artinya :
Menggunakannya si Hamba kepada semua nimat yang dianugerahkan oleh Allah kepadanya untuk berbuat
sesuatu yang disebabkan itulah nimat dijadikan oleh Allah.


Dari keterangan tersebut diatas jelas terlihat bahwa:
Point 1. Susunan jumlah Isimiyah dengan mubtadanya adalah fi'lun
            (acivitas) dan  activitas itu harumengagungkan pemberi 
             nimat yang ada hubungan sebab akibat dengan ni'mat yang diberikanya.
Point 2. Susunan Jumlah isimiyah dengan mubtadanya adalah 
             sharfun (Penggunaan) yang berarti memakai azas manfa'at 
             atas semua nikmat dari Allah terhadap  di ciptakanny
            ni'mat tersebut.


Dari pengertian tersebut diatas bahwa lafad syukur memiliki ma'na yang 
lebih luas dan lebih tinggmanfaatnya dibandingkan lafad Hamdu.

Menurut Tafsir Ibnu Katsir juz 1 halaman 41 Ibnu jarir berkata:
Alham dulillah  ialah  syukur  yang  ikhlas  kepada  Allah  swt.  
 tidak  kepada  yang lainnya. Syukur itu karena nim at yang 
 diberikan kepada hambanya yang tidak terbatas Contoh : Alat anggota
 badan manusia untuk menunaikan taat kepadanya,disamping rezeqi 
 yang diberikan kepada semua makhluk (manusia,jin,binatang)
 dari perbagai perlengkapan hidup,karena itulah maka pujian itu 
 sejak awal hingga akhirnya tetap pada Allah sematamata.

Jabir r.a berkata :
(afdhalul      dzikri      laa      ilaaha      illaallahu,wa      afdhalu
 ddu’aa alkham dulilllaahi)

Artinya : Dzikir yg paling utama adalah Laa ilaaha illaallahu.
Dan do’a yang paling utama adalah Al khamdulillahu.

     
  M4/M5 Pengamalan
1. D i b a c a  u n t u k  d z i k i r  s e s u d a h  s h o l a t  w a j i b  m i n i m u m .  3 3 X
2 . M e n j a u h k a n  s i f a t  s o m b o n g  d a n  t a k a b u r  d a r i  h a t i  k i t a .
3 . M e n e r i m a  a p a  y a n g  t e r j a d i  p a d a  d i r i  k i t a  , i t u  y a n g  t e r b a i k .
4 . I n g a t  s e l a l u  k e p a d a  s i f a t  s i f a t  A l l a h . s w t .
5. Kita sebagai hamba Allah harus berprasangka baik terhadap Allah.(QS.3/191)
6. Kita sebagai hamba Allah harus berbuat baik terhadap cipataanya. (QS.2/29)
7. Kita sebagai hamba Allah harus selalu berusaha mencari arrahim (persaudaraan) QS.1/1
8. Kita sebagai hamba Allah harus ber syukur setiap saat.(QS.1/2)

       Kesimpulan :
1.Allah menghendaki Nabi Muhammad saw. mengetahui dan menyampaikan kepada umatnya bahwa segala pujian itu hanya m ilik Allah,selain Allah tidak
berhak memiliki pujian,apabila ada makluk merasa memiliki pujian pasti akan tersesat.
2.Melalui pemahaman dan pengamalan Surat Al Fatihah ayat 2, manusia akan
terlepas dari kesesatan,menuju petunjuk kebenaran yang sebenar benarnya.
3.Allah sebagai pelindung,pem bim bing,pengatur semua alam,baikalam manusia,
alam jin,danalam malaikat.
Alhamdulillah selesailah penjelasan QS.1 ayat 2, untuk selanjutnya kami akan melanjutkan QS.2 Ayat 1.     Semoga bermanfaat bagi anda.Amiin!

   Up dates ; 31-Des. 2017

Kami hanya menyampaikan ...keputusan pada anda sekalian.


      SURAT :   AL BAQARAH       QS.2-R1


      Ilmu Nahwu : File code.MISI 005/01B.

      Penjelasan : Surat Al Baqarah Ayat.1 

 Penjelasan  Ilmu Tajwid : = Surat Al Fatihah.   (M1)
  
  الم Ayat ini termasuk ayat  mutasyabihat( Hanya Allah mengetahui).

 Penjelasan : Surat Al Baqarah Ayat.2 (M2/M3)

  Akar kata :
                 
 ذلك  (itulah) isim isyarah sebagai mubtada,dengan tujuan memuliakan Khabar. (JM.B-II-P.6)
           asalnya kalimat ke-1 (al kitabu dzalika).menurut ilmu Ma.ani Al kitabu sebagai  musnad,
           dan Dzalika sebagai musnad ilahi (Mubtada).Karena Mutakalim berkehendak memuliakan 
           Al Kitabu,maka Dzalika didahulukan dengan maksud Al kitabu adalah Al Qur an,bukan 
           yang lain
          .JM-B-II-P6  Musnad ilaihi (Mubtada) dengan isim isyarah,menunjukan untuk :  
           mengagungkan  atau lebih mengagungkan musnad (Khabar)
            
    الكتب (sebuah kitab) isim Al ma'rifat sebagai khabar ke 1 juga sebagai mubtada ke -2
          asalnya kalimat ke-2 (Al Kitabu laa raiba fiihi.) Susunan kalimat ini mempunyai maksud
          untuk mentauhidi Al Kitabu ( ialah Al Qur an).
   لا ريب (tidak ada keraguannya) isim nakirah sesudah lam nafiyah dibaca nashab,(AM-B197)

           16/197  ‘amala inna ij’al lilaa  fii  nakirah           mufradatan jaa atka au mukararah
           Lam nafi jinsi ialah : Laa yang mempunyai arti bukan/tidak bagi penjelasan khabar.
           Apabila ada Laa nafiyah didalam jumlah isimiyah yang mubtada dan khabarnya 
            berupa isim nakirah secara itshal maka bisa merafakan isim (Mubtada)
           menashabkan khabar.seperti lafad inna. Berlaku juga bagi mufrad (bentuk tunggal) 
           contoh; (laa gulaama rajulin khadhiran) atau juga berlakuyang makrur 
                          (laa khaula wa laa quwata illa billah)
            
           Susunan kalimat ini tidak boleh diwashal(disambung) tetapi harus di fashal(dipisah) 
           karena mentauhid kalimat sebelumnya yaitu Al Kitabu. (JM.B-VII-P-1)
           Menfashalkan (dipisah)susunan kalimat disebabkan jumlah yang kedua merupakan
           tauhid ma'nawi dari jumlah yang pertama serta berbeda makna /lafadnya.
  فيه  (di dalamnya) huruf jer Fii dengan jer majrur isim dhomir HI (see.Table.2)
 هدئ (petunjuk) sebagai Tamyis (keterangan dari al kitabu) dibaca nashab.(see.Table.2)
          asalnya kalimat ke-3 (Al kitabu huda lilmutaqiina
 للمتقين  (bagi orang orang yang taqwa)  jer majrur jama' mudzakar salim asalnya sbb:
 المتقون (al mutaqun) adalah isim fail  yang dibuat dari kata kerja taqwa (  تقي ) setelah  ada 
                 huruf jer Li  di depannya  maka menjadi jer majrur, isim Fail menjadi Maf'ul
                 sehingga dhomir wawu  nun diganti ya mati nun.(see.tabel-3a,b,c)
       
 Ayat tersebut diatas merupakan susunan jumlah isimiyah,
 yang mempunyai khabar berupa jumlah isimiyah pula,
 sehingga didalam khabar tersebut mengandung Mubtada-2.
 dan khabar 2 dan seterusnya.
( lihat :MISI 005/1B AM bait 119)  Al Fiyah Ibnu Malik
.
(ذلك )Dzalika = Merupakan  isim isyarah,berfungsi sebagai 
                        Mubtada 1,dengan maksud mengagungkan  
                        khabar Al Kitabu (Al Qur'an)
                        (lihat: MISI 006/1A JM. Bab.II Pasal;6 )
                        Dgn isim isyarah untuk mengagungkan. = وبالءشارة....ولتعظيم
(الكتب )Al kitabu.......lilmutaqiin =Merupakan jumlah isimiyah
           berfungsi sebagai khabar 1. dibaca rafa 
           ( lihat : MISI 005/1B  AM. bait 119)
          yang merafakan khabar adalah mubtada  = كذالك رفع بالمبتدا
           Al kitabu =Merupakan isim 'alam Ma'rifat  berfungsi 
           sebagai mubtada 2 juga sebagai khabar 1,(AM bait 121)
           susunan khabar bisa berupa mufrad atau jumlah = ومفرداياءتي جملة  
(لا ريب فيه)laa raiba fiihi  = Merupakan kalimat nafi(penolakan) 
           berfungsi sebagai  khabar-2. terdiri dari susunan Lam nafi 
           jinsi dan susuna huru jer.
           laa raiba   = raiba adalah isim nakirah yang terletak 
           sesudah Laa dibaca  nashab (Fathah) sama dng inna.
           hukumnya sama dengan inna = عمل ان اجعل للا في نكرة     
   (   فيه    )   Fii hi   = Fii adalah huruf jer dan Hi adalah isim 
                                  dhomir dibaca   jer(kasrah).

(
هدئ للمتقين)hudal lil mutaqiin =Merupakan jumlah isimiyah
                                                   sebagai khabar -2
                Huda  = Isim Tamyiz (keterangan)sebagai mubtada-3,
        ( AM.bait 355) isim nakirah mempunyai arti dari  (Min)
           isim nakirah yang mempunyai arti dari Min = اسم بمعنئ من مبين نكرة
lil mutaqiin =Khabar-3 dengan susunan huruf jer.berfungsi
                      sebagai jer majrur jama' dengan tanda ya mati 
                      dan  nun fathah,dan sebelum menjadi jer majrur
                      tandanya wawu mati dan nun fathah 
                      berfungsi sebagi Isim Fail jama' mudzakar salim.
                      
Dengan demikian QS.2. ayat 2 bisa diartikan sbb:

        Terjemahan Depag.RI.
002. Kitab (Al Qur'an) ini tidak ada keraguan padanya;
        petunjuk bagi mereka yang bertakwa,

        -Tafsir : Jalalain Juz 1.    
002. (Kitab ini) yakni yang dibaca oleh Muhammad saw. 
        (tidak ada keraguan) atau kebimbangan (padanya) bahwa 
         ia benar-benar dari Allah swt.
         Kalimat negatif menjadi predikat dari subyek 'Kitab ini', 
         sedangkan kata-kata isyarat 'ini' dipakai  sebagai 
         penghormatan. (menjadi petunjuk) sebagai predikat
         kedua, artinya menjadi penuntun (bagi orang-orang yang
         bertakwa) maksudnya orang-orang yang mengusahakan 
         diri mereka supaya menjadi takwa dengan jalan mengikuti 
         perintah dan menjauhi larangan demi menjaga diri dari api
         neraka.

  Setelah kita meminta petunjuk didalam surat Al Fatihah 
  ayat 6,maka Allah memberikan petunjuk yang dijelaskan 
  didalam ayat ini.yaitu Al Qur an sebagai Hudan(هدئ ) .

  Dalam ilmu Balaghah(kitab Jauhar Maknun Bab II pasal 6) 
  menjelaskan :musnad ilaihi (dzalika) berupa isim isyarah
  dimaksudkan untuk mengagungkan/memuliakan musyar
   ilaihi(al kitabu). file code.MISI 006/01A

 Penjelasan :
   asalnya                   tujuan mutakalim               menjadi               Gramar :
  اَلْ كِتَبُ ذَالِكَ            memuliakan musnad                  ذَالِكَ اَلْ كِتَبُ   
اَلْ كِتَبُ لا ريب فيه      wajib di fasal sebagai tauhid      لا ريب فيه
 ال كتب هَُدئ لِمُتَقِيْنَ      sebagai tamyis                  هَُدئ لِمُتَقِيْنَ

Sehingga dengan demikian tersusunlah ayat 2 
Kandungan pelajaran : 
I. Nahwu :Khabar (predikat) jumlah Isimiyah bisa berupa
                 jumlah Fi'iliyah/jumlah Isimiyah. (AM.B-121)
I. Ma'ani  :Kitab Al Qur'an harus diagungkan (JM-BAB I pasal 6)

Formula : Jumlah isimiyah  = Mubtada  + Khabar


          Penjelasan : Surat Al Baqarah Ayat.3 ( Hari ke-3)
 Pelajaran : Susunan Jumlah Fi'iliyah(Kalimat Active)
 Fungsinya:Menunjukan pekerjaan yangberubah,tergantung   pada waktunya.

                 
 الذئن يوء منون بالغيب ويقيمون الصلاة
                                   و مما رزقنهم ينفقون

  Akar kata :

 
Alladzina = adalah  isim maushul (kata sambung) jama’
                     sebagai mubtada (subject) dengan ditandai
                     Ya   mati dan nun fathah,ada juga yang memakai
                     wawu mati dan  nun fathah.
                     Maksud dari susunan kalimat ini dibentuk ialah
                     untuk mengkonkritkan tujuan (taqrir) dari kalimat
                     sebelumnya yaitu kalimat mutaqiin.
                     (JM Bab-2 pasal 5 file.MISI 006/01A)
   AM B-88  Lafad isim maushul yang berupa isim yaitu
                     alladzi untuk waqi’ mufrad mudzakar( orang
                     laki-laki tunggal)
                    Tetapi kalau perempuan tunggal allati kadang
                     kadang diucapkan alladzu untuk laki laki atau
                     allatu untuk perempuan.
  AM B-89  Apabila untuk tatsniyah(orang dua) ya dibuang
                    dan nun nya bisa ditasjid: apabila rafa  diganti
                    dengan alif dan nun (alladzaanni;allataanni)
                    apabila nashab/jer diganti dengan Ya dan nun
                    (alladzainni;allatainni)
  AM B-91  Apabila waqi’ jama’ mudzakar maka memakai
                    al ula atau alladzina
                    walaupun kondisi makhal nya rafa’/nashab/jer.

يوء منون) yu'minuna adalah jumlah fi’iliyah sebagai khabar
                   (predikat) dari aladzina,sedangkan bil goibi
                   sebagai maf’ul bihi (object-1)  dengan huruf jer 
                   Bi maka huruf akhirnya dibaca kasrah.
                   yuqimuna  adalah fi’il mudhorik (kata kerja masa
                   sekarang/masa   yang akan datang) dengan tanda
                   mempunyai mudharaah (awalan) Ya,dalam bentuk 
                   jama’(lebih dari dua) ditandai wawu mati dan  nun 
                   fathah.(rafa’ jama’) pada akhir kalimatnya.
                   Wa  adalah athaf nasaq yang mempunyai arti dan
                    rujuk(kembali artinya ) kepada Alladzina.
      ( الصلاة)Ash sholaata adalah maf’ul bihi (object-2) 
                   merupakan  isim ma’rifat dibaca nashab (Fathah)
          (مما)   Mimmaa   adalah (isim maushul) kata sambung 
                    (B-88  B-93).
( رزقنهمrazaqnaahum adalah jumlah  fi’iliyah (razaq sebagai 
                    fi’il ; Naa adalah isim dhomir sebagai fail 
                    sedangkan hum  adalah isim dhomir sebagai 
                    maf’ulbihi (object-3)

(
ينفقونyunfiquun adalah fi'il mudharik jama' mudzakar salim.

Dengan demikian  Q.2/ayat 3 bisa diterjemahkan sbb:


Terjemahan Depag.RI.
           003. (yaitu) mereka yang beriman kepada
                    yang ghaib, yang mendirikan shalat dan
                    menafkahkan sebahagian rezki  yang kami
                    anugerahkan kepada mereka,

Tafsir Jalalain Juz 1.

           003. (Orang-orang yang beriman) yang membenarkan
                   (kepada yang gaib) yaitu yang tidak kelihatan oleh
                   mereka, seperti kebangkitan, surga dan neraka (dan
                    mendirikan salat) artinya melakukannya 
                    sebagaimanamestinya (dan sebagian dari yang 
                    Kami berikan kepada mereka) yang kami 
                    anugerahkan kepada mereka sebagai rezeki 
                    (mereka nafkahkan) mereka belanjakan untuk
                     jalan menaati Allah.

Kandungan pelajaran :
I.Nahwu :Isim Maushul (kata sambung) dengan kalimat 
                 sebelumnya (AM-B-88;89;91)
Formula    : Jumlah fi'iliyah = Fi'il +Fa'il +Maf'ul.
Fungsinya :Menunjukan pekerjaan yangberubah,tergantung 
                   pada waktunya.


Penjelasan : Surat Al Baqarah Ayat.4 ( Hari ke-4)


               
 والذي ن يوء منون بما انزل اليك 
          وما انزل من قبلك وبل  احرةهم يقنون

Susunan kalimat pada ayat 4 ini sama dengan ayat 3,hanya ada
tambahan penjelasan sbb:

انزل) unzila =yang berarti diturunkan.asal katanya adalah 
          nazala =telah menurun,kemudian dirubah  menjadi 
           anzala =telah menurunkan . (See.Table.3a)
Untuk merubah bentuk di (kalimat pasif)  huruf pertama 
dibaca U huruf kedua dibaca  huruf ketiga dibaca (unzila)
 (lihat :pelajaran ilmu sharaf)

Pelajaran ke-41 Naibul Fa'il AM-B-242 s/d 252 AM-241
Apabila ada Fail dan ma'mul berkumpul,dan fa'ilnya dibuang
 maka maf'ulnya menggantikan Fail,disebut na'ibul Fa'il 
 hukumnya sama dengan Fa'il  ada 7 :
            1.Dibaca rafa  
            2.Tidak boleh mendahului Fi'il 
            3.dll.

AM-242-243
   Fi'il Madhi atau Mudhorik untuk Naibul Fa'il huruf 
   pertamanya dibaca dhomah,huruf keduanya dibaca kasrah,
   huruf ketiganya dibaca fatah.
AM-244-245
   Fi'il madhi untuk Naibul fa'il apabila huruf kedua  mengandung
   Ta muthawa-ah, maka huruf kedua dibaca dhomah.
   Fi'il madhi untuk Naibul fa'il apabila diawali dengan hamyah
   washal maka huruf  ketiga dibaca dhomah
 

Dengan demikian ayat Q2 ayat 4 diterjemahkan sbb:

Terjemahan Depag.RI.

004. dan mereka yang beriman kepada Kitab (Al Qur'an)
        yang telah diturunkan kepadamu dan Kitab-kitab yang
         telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan 
         adanya (kehidupan) akhirat.

Tafsir Jalalain Juz 1
004. (Dan orang-orang yang beriman pada apa yang diturunkan
         kepadamu) maksudnya Alquran, (dan apa yang diturunkan
         sebelummu) yaitu Taurat, Injil dan selainnya (serta mereka
         yakin akan hari akhirat), artinya mengetahui secara pasti.


Penjelasan : Surat Al Baqarah ayat 5.(hari ke 5)

اء لئك علي هدئ من ربهم واء ليك هم المفلحون

Penjelasan sama dengan ayat :5 (hari ke 6)


 Akar kata :

(اء لئك)ulaaika = isim isyarah = aladziina (lihat AM B91).

Dengan demikian Q2 ayat 5 bisa diterjemahkan sbb:

 Terjemahan Depag..RI
005. Mereka itulah yang tetap mendapat petunjuk 
        dari Tuhan mereka, dan merekalah orang-orang 
        yang beruntung. 

        Tafsir Jalalain Juz 1

005. (Merekalah), yakni orang-orang yang memenuhi 
         sifat-sifat yang disebutkandi atas (yang beroleh
         petunjuk dari Tuhan mereka dan merekalah orang-
         orang yang beruntung) yang akan berhasil meraih
         surga dan terlepas dari siksa neraka.

 ان الذين كفروا سوء عليهم اء نذرتهم ام لم تنذرهم لا يوءمنون . 

006.Sesungguhnya orang-orang kafir, sama saja bagi mereka,
         kamu beri peringatan atau tidak kamu beri peringatan, 
         mereka tidak akan beriman.

        Tafsir  Jalalain Juz 1.

006. (Sesungguhnya orang-orang kafir) seperti Abu Jahal,

        Abu Lahab dan lainnya (sama saja bagi mereka, 
        apakah kamu  beri peringatan) dibaca, 
        a-andzartahumyakni dengan dua buah hamzah secara
        tegas. Dapat pula hamzah yang kedua dilebur menjadi
        alif hingga  hanya tinggal satu hamzah saja yang dibaca 
        panjang (atau tidak kamu beri peringatan, mereka tidak
        juga akan beriman.)  Hal itu telah diketahui oleh Allah, 
        maka janganlah kamu berharap mereka akan beriman.
        'Andzar' atau  peringatan,artinya pemberitahuan disertai 
        ancaman.

Susunan kalimat pada ayat 6 ini sama dengan ayat 3 hanya ada tambahan penjelasa sbb :
(ان) inna =mempunyai fungsi menashabkan mubtada 
                 (aladzina)merafa'kankhabar (kafaruu)

            ختم الله علي قلو بهم وعلي سمعهم 
           و علي ابصارهم غشوة ولهم اذاب عظيم
.
Susunan kalimat pada ayat 7 ini adalah jumlah fi'iliyah.
(ختمKhotama = fi'il madhi (predikat)Allahu   = Fa'il (Subject)
( قلو بهم'ala quluu bihim....= Maf'ul bihi (Object)  

Dengan demikian Q2 ayat 7 bisa diterjemahkan sbb:
007. Allah telah mengunci-mati hati dan pendengaran mereka,
        dan penglihatan mereka ditutup. 
         Dan bagi mereka siksa yang amat berat.
007. (Allah mengunci mati hati mereka) maksudnya menutup 
         rapat hati merekasehingga tidak dapat dimasuki oleh 
         kebaikan (begitu pun pendengaran  mereka) maksudnya
         alat-alat atau sumber-sumber pendengaran mereka 
         dikunci sehingga mereka tidak memperoleh manfaat dari
         kebenaran yang  mereka terima (sedangkan penglihatan 
         mereka ditutup) dengan penutup yang menutupinya 
         sehingga mereka tidak dapat melihat kebenaran 
        (dan bagi mereka siksa yang besar) yang berat lagi tetap

Alhamdulillah selesailah penjelasan  MISI Tutorial-1, untuk selanjutnya kami akan melanjutkan MISI Tutorial-2. Selamat mengikuti.     
Semoga bermanfaat bagi anda.Amiin!

 Apabila ada kesukaran konsultasi langsung lewat SMS.Hp.085771917814
 24 jam di udara gratiiis!!!

   
Up dates ; 22 Okt 2017 (Hari Santri RI)

 Kami hanya menyampaikan ... 
                               keputusan pada anda sekalian.  

 Catatan :
  1.Menanggapi Coment GBW-C28 tgl  9 Okt 2017.
      Mungkin anda bisa mempelajari langsung MISI 005 &MISI 006 denga cara 
      yang efective sbb:
      a1. MISI 005 &MISI 006 bisa dibaca :
           AM-B...& JM.B... bisa dilihat di Bloger Catatan Harian H.Kamat Kamal 10 April 2016.
      a2. Ambilah  contoh ayat Al Qur an yang anda sudah hafal ,dan sesuai dengan 
             pengalaman hidup yang sudah anda alami.
      a2. Usahakan menguraikan ayat tersebut sesuai dengan kemampuan anda,dan jangan
            takut salah,dengan standard yang sudah diberikan contoh  pada Tutorial-1 yaitu 
                Bagaimana caranya  :  
                Mempelajari Al Qur an secara mandiri ?
                1. Menentukan akar kata.
                     2. Menentukan susunan kalimat (jumlah isimiyah  atau jumlah Fi'iliyah)
            3. Menentukan maksud susunan kalimat.
            4. Planning,Do,Check,Action.(PDCA)
      a3. Apabila ada kesukaran secepatnya informasi pada kami untuk mencari solusinya.

    2.Semoga anda  termasuk orang yang mendapat petunjuk dari Allah,sesuai dengan 
       QS.2/213.  Amiiin!!! 

 Mari mencoba pemakaian table :
    
  Contoh 1 : Membuat jumlah isimiyah.
               1a. Akar kata dari isim 'alam    : اسم  = (Nama) merupakan isim nakirah.
           b. Akar kata dari isim 'alam      :     الله =( Allah) merupakan isim ma'rifat.
          
        2.a. Dijadikan Jer Majrur  sebagai mudhof   :  table 2.  i'rab nya kasrah ( I ) 
          b. Dijadikan Mudhof ilaihi                            :          i'rabnya  kasrah   (I)
               c. Dijadikan  jumlah isimiyah                        :               susunan  idhofah             

            3. Akan dijadikan jumlah isimiyah (kalimat berita) sebagai informasi bahwa
               a. huruf jer  ( ب ) Bismi  berfungsi  sebagai Mubtada
               b. Dijadikan mudhof  ilaihi  berfungsi sebagai khabar
               c.  Jumlah isimiyah mempunyai arti dengan nama Allah          

             4. PDCA.

                 Planning :
                                   Mutakalim (pembicara) menghendaki Nama dari Allah bisa diketahui
                                   oleh Mukhathab(pendengar),tetapi ismun adalah isim nakirah tidak bisa
                                   langsung jadi mubtada,sebab syarat mubtada harus isim Ma'rifat.

                 Do           : Agar bisa menjadi jumlah isimiyah maka ismun dijadikan jermajrur dan
                                   dijadikan mudhof,karena mudhof bisa menjadikan isim nakirah menjadi
                                   isim ma'rifat.
                                   Setelah Bismi menjadi isim ma'rifat,maka bisa menjadi mubtada  untuk
                                   disampaikan kepada mukhathab.

                 Check      : Jumlah isimiyah  ; AM.B-113/B-119/B-125.
                                   Huruf jer Bi         : AM-B-362/B-372.
                                   Idhofah                : AM-B-383/B-384
                                                                 JB.B-2 P.8.1

                  Action    :  Asma'ul husna :   Surat Al A'raf (QS.7 ayat.180)

                                      a Nabi bersabda : 
                                          ( Kulun amridzibalin layubda a bismillahi wahuwaqtha’)
                                          Setiapekerjaayang penting ,kalatidak dimulai dengan
                                          bismillah, maka  pekerjaaan tersebut  tertolak.,
                                         (Hadits diriwayatkan oleh AbDaud dari  Abu Hurairah.)


                                 b.  Hadits qudsi :( Kitab Asrar al insahalaman 45 oleh
                                         Syeh Nurudi rainiri  aceh)
                    كنت كنز محفيا فءجبت ان عرف فخلقت الخلق فيه عرفوني
                 Aku(Allah) adalah perbendaharaan terpendam.
                 Aku ingin supaya dikenal  ,maka aku jadikan alam ini 
                  sehingga dengan itu mereka mengenalku.


 Contoh 2 : Membuat jumlah isimiyah
                1a. Akar kata dari  fi'il           :  حمد ( fi'il madhi tsulasi) lihat table.3. no.1
                  b.  Akar kata dari isim 'alam  :    لله ( Isim 'alam Ma'rifat)
        2.a. Dijadikan Mubtada               :  lihat table 2.  i'rab nya dhomah ( U ) + AL
          b. Dijadikan jermajrur sebagai khabar :     i'rabnya kasrah  (I)
               c. Dijadikan Jumlah isimiyah                  :     khabarnya jermajrur.  

            3. Akan dijadikan jumlah isimiyah (kalimat berita) sebagai informasi bahwa:
               a.  اَلْحَمْدُ (Alhamdu) isim ma'rifat dibentuk dari  kata kerja sebagai mubtada
               b.   لله  (lillahi) jer majrur berfungsi sbagai khabar.                      
               c.  Jumlah isimiyah mempunyai arti segala puji milik Allah.                     

             4. PDCA.

                  Planning :
                                   Mutakalim (pembicara) menghendaki agar Alhamdu(segala puji) bisa
                                   diketahui oleh Mukhathab(pendengar),untuk itu perlu dibuat jumlah
                                    isimiyah.
                                   .
                  Do           : Agar bisa menjadi jumlah isimiyah maka fi'il madhi  dijadikan isim
                                    masdar (Hamdan) lihat table 3.no.3  selanjutnya  dijadikan isim ma'rifat
                                    dengan mendatanga Al ma'rifat,selanjutnya memakai irab rafa (dhomah).
                                    Setelah itu  Alhamdu menjadi isim ma'rifat,maka bisa menjadi mubtada
                                    untuk disampaikan kepada mukhathab
     
                  Check     :  Jumlah isimiyah . AM.B-113/B-119.
                                     Huruf jer LI       : AM-B-362/B-370.

                   Action    :  Surat Al Baqarah ayat 284.

                                     Jabir r.a berkata :
                          (afdhalul dzikri  laa  ilaaha  illaallahu,
                             wafdhalu ddu’aalkham dlilllaahi)
                             
                               Dzikir yang paling utama adalah Laa ilaaha illaahu
                              dan Do'a yang paling utama adalah Al hamdulillahu

Contoh 3 : Membuat khabar dari jumlah isimiyah.
                            
           1 a. Akar kata dari  fi'il  madhi   :     رَبَبَ  lihat table 3.no.1
              b.  Akar kata dari fi'il madhi    :   عَلِمَ      lihat table 3.no.1         
       2 a   Dijadikan  isim mudhof      :    رَبِّ   table 2  idhofah
                Dijadikan mudhoh ilaihi     :  العَلَمِينَ tabel 1 jamak Mks.

            3. a .  Dijadikan ma'mul tawabi   : Na'at (sifat)  table 2.i'rab jer
                b.   Dijadikan  Jama'   Mks.     :                      tabel 1  i'rab jer
                c.   Dijadikan khabar dari jumlah isimiyah: Rabil 'alamiina.

 : 
       Contoh 3 : Membuat khabar dari jumlah Fi'iliyah

      1a.Akar kata dari Fi'il madhi ruba'i :  اَء مَنَ  table 3a. bentuk-1
        b.Akar kata dari  Fi'il madhi          : غَابَ    table 3a. bentuk-1 
    2a. Dijadikan fi'il mudhorik    ;  يوء مِنُ  table3a. bentuk-2
        b. Dijadikan jer majrur          :  بٍ الغَيْبٍ 
      3.a. Dijadikan Fa'il Jama' Mks : يُوءمِنُونَ  table--1 i'rab rafa
         b. Dijadikan  Maf'ul bihi  : Jumlah Fi'iliyah muta'adi
         c. Dijadikan khabarnya  mubtada (الذين ) isim maushul.


                     

   


        
           









             

   
 

4 komentar:

Masjid Al-Qomar mengatakan...

MISI Toturial-1 adalah program dari "perpustakaan NurulQomar" cilacap ,disampaikan untuk Jama'ah Masjid Al Qomar yang berminat,gratis !!!
silahkan menghubungi IRMA Al Qomar Bpk.Ibnu.Spdi./sdr.Yusril(Amin)

GBW C28 mengatakan...

Alhamdulillah... penjelasan sangat baik. Hanya mohon diselaraskan pada beberapa bagian yang masih tulisan latin (belum huruf arab). Syukron pak Haji...

Masjid Al-Qomar mengatakan...

GBW 28 terima kasih informasinya,sudah saya betulkan,tetapi mungkin
editnya ada yang belum sempurna,yang penting mengerti,apabila tidak mengerti maksud tulisan tersebut, secepatnya diberi coment,nanti pasti saya jelaskan lagi sampai mengerti.OK.15
sept 2017

GBW C28 mengatakan...

Alhamdulillah.. syukron pak Haji.. Nanti kami coba mempelajari/mendalaminya dengan melihat MISI 005,006

Posting Komentar

 
MASJID AL-QOMAR © 2017